1 Mbps berapa Kbps? Begini Cara Konversinya!


1 mbps berapa kbps? Apakah pertanyaan itu juga pernah terlintas dalam benak kamu? Pertanyaan ini bisa saja muncul ketika kamu penasaran dengan kecepatan transfer data, seperti saat sedang upload maupun download file.

Sebenarnya cara menghitung atau konversi dari Mbps ke Kbps tidaklah sulit. Namun yang harus diingat adalah, antara MBps dan Mbps itu berbeda, demikian juga antara KBps dan Kbps. Untuk tahu apa perbedaan dan cara perhitungannya, kamu bisa langsung ikuti infonya di bawah ini.

Apa Bedanya MBps dan Mbps

Tadi di atas sudah sedikit disinggung bahwa ada perbedaan antara MBps dan Mbps. Meskipun hanya berbeda di huruf B-nya namun hal itu juga menunjukkan satuan ukurnya. MBps sendiri merupakan singkatan dari MegaByte per second, sedangkan 1 Mbps adalah 1 Megabit per second.

Jadi huruf B besar pada MBps menunjukkan satuan ukur Byte sementara huruf b kecil pada Mbps menunjukkan satuan ukur bit. Sebagai informasi, 1 Byte sendiri setara dengan 8 bit. Jika dikonversikan dari Byte ke bit maka cukup dikalikan 8 dan jika sebaliknya maka bisa dibagi 8.

Apa Bedanya KBps dan Kbps

KBps merupakan KiloByte per second sementara Kbps merupakan Kilo Bit per second. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, 1 Byte nilainya sama dengan 8 Bit. Itu artinya 100 KB setara dengan 800 kb. Karena nilai Byte 8 kali dari nilai Bit, maka 100 KB = 800 kb.

Demikian juga sebaliknya, jika dari Bit dikonversi menjadi Byte maka perhitungannya harus dibagi 8. Misalnya saja 100 Kb sama dengan 12 KB. Angka ini dihasilkan dari perhitungan 100 dibagi 8 yaitu 12,5 atau dibulatkan menjadi 12.

Cara Menghitung 1 Mbps Berapa Kbps

1 Mbps Berapa Kbps

Asalkan sudah tahu tingkatan dalam satuan ukurnya maka akan lebih mudah untuk melakukan perhitungan atau konversi dari Mbps ke Kbps atau sebaliknya. Jika ada pertanyaan 1 Mbps ada berapa Kbps maka jawaban yang benar adalah 1.024 atau 1.000 Kbps.

Angka tersebut merupakan hasil konversi dari Mb ke Kb yang secara langsung akan didapatkan. Jadi 1 Mbps setara dengan 1.024 Kbps. Sedangkan pada 1 Mbps nilainya setara dengan 125 KBps. Ingat kembali ya kalau KBps tidak sama dengan Kbps.

Jika merujuk pada istilah Mbps atau Mega Bit per second maka bisa dikatakan bahwa 1 Mbps setara dengan 1.024 Kbps. Itu artinya kecepatan dalam transfer data rata-rata adalah 1000 Kbps atau 125 KBps. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mempelajari beberapa contoh konversi Mbps ke Kbps berikut:

  • Cara Konversi 1,5 Mbps Berapa Kbps

Contoh pertama adalah konversi 1,5 Mbps ke Kbps. Perlu diketahui bahwa 1,5 Mbps atau 1,5 MegaBit per second setara sama nilainya dengan 1.500 Kbps. Berdasarkan kecepatan tersebut maka diperlukan 187,5 KiloByte (KB) setiap detik ketika mengunduh atau upload file.

  • Cara Konversi 2 Mbps Berapa Kbps

Contoh lainnya adalah 2 Mbps dikonversi menjadi Kbps. Pada perhitungan ini maka didapatkan jawaban 2 Mbps sama dengan 2.000 Kbps. Angka tersebut didapatkan dari hasil perhitungan 2 kali 1.024 atau 1.000 sehingga hasilnya 2.048 atau 2.000 Kbps.

Sedangkan jika dikonversi ke KBps (KiloByte per second) maka cara perhitungannya adalah 2.000 dibagi 8. Sehingga akan menghasilkan 250 KBps.

Dari seluruh pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa untuk menjawab pertanyaan 1 Mbps berapa Kbps maka perlu dikonversi sesuai tingkatannya. Diketahui bahwa 1 Mbps = 1.000 atau 1.024 Kbps. Atau jika dikonversi ke KBps maka hasilnya adalah 1 Mbps = 125 KBps.