21 Modem WiFi Terbaik, Tercepat, Terlengkap 2023! Temukan Daftarnya!!

Posted on

Kamu perlu internet? Butuh modem WiFi bagus supaya bisa internetan di mana aja? Tenang, sekarang ada banyak modem WiFi terbaik yang bisa dibeli.

Mulai dari harganya yang murah sampai mahal ada. Begitu juga dengan modem yang sudah tersedia untuk jaringan 4G atau 5G. Apa saja pilihannya, yuk langsung aja cek.

Modem WiFi Terbaik untuk Internet Ngebut di Mana Saja

Modem WiFi Terbaik

Modem WiFi atau yang kerap dikenal dengan sebutan MiFi ini sebenarnya adalah perkembangan dari modem internet zaman dulu. Dulunya modem digunakan dengan menancapkan ke laptop dan bentuknya adalah USB.

Jika ingin menggunakan kamu hanya perlu membeli paket internet sesuai dengan kartu SIM yang dipasang pada modem tersebut. Nah, untuk MiFi sendiri sudah dilengkapi dengan baterai portable sehingga kamu tidak perlu lagi untuk memasangnya ke laptop.

Selain itu karena modem ini bertujuan memancarkan sinyal internet artinya perangkat apa saja bisa terhubung ke laptop, smartphone dan perangkat lainnya. Bisa dibilang MiFi merupakan gabungan modem serta router WiFi.

Produsen dari modem WiFi ini juga sangat banyak, ada yang merupakan provider di Indonesia namun ada juga produk dari pabrikan merk lain. Kamu yang saat ini ingin membeli modem WiFi bisa cek dulu rekomendasinya yang terbaik berikut ini.

1.      Super Modem Mifi S1

Super Modem Mifi S1

shopee button tokopedia button lazada button
blibli button

Rekomendasi pertama berasal dari Smartfren yang selalu konsisten dalam menciptakan produk modem. Super Modem Mifi S1 ini adalah salah satu produknya yang paling terbaru dengan banyak kelebihan.

Dilengkapi dengan baterai 3250 mAh membuatnya bisa bertahan hingga 20 jam. Sudah menggunakan teknologi baru dengan jaringan 4G+ Cat 7. Kecepatan WiFi 5 GHz dan 2,4 GHz yang membuatnya jauh lebih stabil ketika sedang internetan.

Kamu juga bisa dengan cepat untuk mengecek kuota serta nomor Smartfren melalui fitur Smart Screen. Kelebihan lain dari modem ini yang paling menarik adalah bisa sharing sampai dengan 32 perangkat sekaligus.

Pada saat baterai smartphone habis, modem ini juga bisa beralih fungsi sebagai power bank. Saat ini modem yang super hebat ini bisa kamu dapatkan dengan harga di kisaran 1,2 juta rupiah saja. Smartfren juga sudah menyediakan layanan paket internet untuk satu sampai dengan 12 bulan.

2.      Modem WiFi M6x

Modem WiFi M6x

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Butuh modem dengan harga yang lebih bersahabat? Smartfren juga punya yaitu Modem WiFi M6x yang dibanderol dengan harga 500 ribu rupiah saja. Fitur dan kelebihan yang dihadirkan tidak kalah bagus dengan yang sebelumnya.

Pertama, modem ini juga sudah dilengkapi dengan Smart Screen di mana kamu bisa mengecek kuota, nomor Smartfren hingga sandi WiFi dan status baterai dengan mudah. Jumlah sharing sebanyak 32 perangkat bisa dilakukan modem ini dalam waktu yang bersamaan, jaringannya pun sudah 4G LTE Smartfren.

Satu hal yang berbeda adalah adanya fitur Inbox Message, kamu jadi lebih mudah mengetahui semua promo dari Smartfren jadi tidak akan pernah ketinggalan. Baterainya sendiri juga sudah 3250 mAh yang bertahan hingga 20 jam dalam penggunaan normal.

Modem ini juga memiliki fitur Storage Sharing yang memudahkan penggunanya untuk berbagi file tanpa mengambil data internet. Pengaturan penggunaan data ke semua perangkat juga bisa diatur dalam data speed limitation dan MAC Filter.

3.      Orbit Turbo 5G

Orbit Turbo 5G

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Sekarang internet 5G sudah semakin meluas, salah satunya dari Telkomsel. Melihat perkembangan ini Telkomsel juga meluncurkan produk modem WiFi 5G yaitu Orbit Turbo 5G. Bentuk modemnya pun lebih modern berwarna putih seperti tabung.

Fitur utama yang ditawarkan adalah kecepatan rata-rata modem sampai 150 Mbps sehingga internetan jadi lebih ngebut. Kamu juga bisa mengganti nama dan juga password WiFi dari aplikasi sehingga data tidak mudah untuk dicuri.

Begitu juga untuk mengecek pemakaian paket data bisa dilakukan dari satu modem ini. Kamu bisa lebih mudah mengatur pemakaian. Pemasangan modem juga lebih mudah karena langsung dari aplikasinya.

Modem ini tidak menggunakan baterai dan bisa digunakan untuk sharing sampai ke 32 perangkat sekaligus. Harga dari satu modem WiFi ini adalah 6,5 jutaan rupiah. Selama di daerah kamu sudah tersedia jaringan 5G maka Telkomsel Orbit ini bisa jadi pilihannya.

4.      Orbit Pro

Orbit Pro

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Butuh modem yang bisa disambungkan ke lebih banyak perangkat? Telkomsel punya produknya yaitu Mifi Orbit Pro. Produk ini bisa didapatkan dengan harga sekitar 1,2 jutaan rupiah saja dan bisa tersambung ke 64 perangkat.

Rata-rata kecepatan modem bisa mencapai 21,6 Mbps dengan teknologi WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz sama seperti Smartfren yang pertama tadi. Soal ukuran cukup mini yaitu 210 X 165,5 X 53 mm sehingga kamu bisa membawanya dengan mudah ke mana saja.

Jika kamu membeli modem ini dan berlangganan maka akan langsung mendapatkan bonus kuota Telkomsel Orbit sebanyak 150 GB. Pembagian penggunaannya adalah 25 GB per bulan selama enam bulan ke depan.

Kelebihan lain yang ditawarkan adalah menyediakan port antena eksternal dan juga tersedia 3 port LAN apabila ingin dihubungkan ke internet fiber. Melihat dari fiturnya ini, Orbit Pro dari Telkomsel jadi pilihan yang murah apalagi dengan spesifikasi yang tergolong tidak murahan.

5.      Orbit Star H1

Orbit Star H1

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Jika ingin modem yang lebih murah dari Telkomsel kamu bisa membeli Orbit Star H1. Modem ini tak hanya murah tetapi juga termasuk keluaran terbaru. Sama seperti Orbit Pro, kamu yang membeli modem dengan harga 800 ribuan ini bisa mendapatkan 150 GB kuota tambahan.

Kecepatan internet yang dihasilkan mencapai 15 Mbps dan bisa dibagikan ke 32 perangkat sekaligus. Meskipun teknologi yang digunakan 2,4 GHz namun kecepatannya tidak kalah dengan Orbit Pro.

Telkomsel juga memberikan garansi selama 1 tahun dan garansi pengembalian 7 hari setelah diterima. Jadi jika terjadi kerusakan modem sebelum 7 hari kamu masih bisa mendapatkan barang yang baru.

6.      Huawei E5573

Huawei E5573

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Meskipun smartphone Huawei sudah tidak lagi dijual di Indonesia, tapi produk modem WiFi mereka masih tetap menjadi favorit. Begitu juga dengan routernya yang biasanya dipasang oleh Indihome.

Salah satu produknya yang cukup banyak dicari adalah Huawei E5573 yang terkenal dengan kemampuannya untuk memancarkan jangkauan WiFi hingga 10 meter. Jadi kamu bisa mengandalkan modem ini untuk digunakan seluruh keluarga di rumah.

Jumlah perangkat yang bisa tersambung ke modem ini sampai 16 perangkat dan sudah dilengkapi dengan baterai dengan daya mencukupi yaitu 1.500 mAh. Huawei mengklaim produknya ini bisa bertahan sampai 300 jam saat standby.

Kecepatan maksimal jaringannya adalah 150 Mbps dengan internet 4G. Kamu bisa membeli perangkat ini dengan harga di kisaran 450 ribu rupiah.

7.      Huawei E5577

Huawei E5577

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Termasuk produk keluaran Huawei yang terbaru karena dari modem kamu bisa langsung mengecek informasi sinyal, baterai modem dan sisa kuota. Kemudahan ini tidak membutuhkan kamu untuk mengakses aplikasi Smartfren lagi.

Ukurannya juga sangat kecil dengan berat hanya 112 gram sehingga ringkas jika di bawah ke mana saja. Soal kapasitas baterai tidak kalah dengan produk sebelumnya yakni sama-sama 1,500 mAh yang bisa bertahan hingga 300 jam.

Koneksi internet dari MiFi ini bisa mencapai 10 perangkat untuk sinyal 4G. Tingkat kecepatan internetnya mencapai 150 Mbps. Soal harga jangan ditanya, kamu bisa membelinya dengan harga di kisaran 500 ribuan saja.

8.      Huawei B312

Huawei B312

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Produk keluaran dari Huawei selanjutnya ini bisa digunakan sebagai MiFi namun juga sebagai router WiFi. Itu artinya kamu bisa memanfaatkan ISP seluler atau langsung dari kabel LAN. Jika misalnya kamu merasa jaringan lewat ISP seluler melemah tinggal colokkan saja ke kabel LAN di rumah.

Supaya bisa menggunakan kabel LAN, Huawei telah melengkapi produknya ini dengan Gigabit Ethernet. Satu modem bisa langsung disambungkan ke 32 perangkat laptop, PC maupun tablet dan smartphone.

Sayangnya modem ini tidak memiliki baterai sehingga untuk mengaktifkannya perlu dicolokkan ke sumber daya listrik langsung. Kecepatan WiFi bisa sampai 300 Mbps sedangkan download dengan 4G LTE 150 Mbps.

Tersedia juga port nano sim card dan juga bisa digunakan untuk semua jenis operator. Namun beberapa orang ada yang menjualnya dengan paket bundling bersama dengan Telkomsel Orbit.

9.      Huawei Mobile WiFi 3s E5576

Huawei Mobile WiFi 3s E5576

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Masih dengan modem WiFi buatan Huawei yang kali ini memiliki beberapa keistimewaan. Pertama modem bisa disambungkan langsung ke 16 perangkat sekaligus sehingga internetan jadi makin nyaman untuk keluarga atau di kantor.

Kedua, kecepatan internet dengan jaringan 4G LTE bisa mencapai 150 Mbps. Meskipun sudah bisa digunakan untuk berbagai jenis SIM card, namun produk ini bisa kamu belum dalam paket bundling dengan Telkomsel Orbit, sama seperti modem sebelumnya.

Selain itu kapasitas baterainya sudah 1.500 mAh yang bisa bertahan sampai dengan 6 jam. Nah di sini keistimewaannya, ketika baterai habis kamu tetap bisa menggunakan modem dengan cara menyambungkan ke stop kontak layaknya adaptor.

Ditambah lagi Huawei memberikan garansi yang menarik selama 3 tahun. Pada satu tahun pertama jika terjadi kerusakan maka kamu bisa mendapatkan penggantian barang baru. Sedangkan untuk tahun kedua dan ketiga masih mendapatkan garansi servis serta penggantian suku cadang.

10.  Prolink PRT7011L

Prolink PRT7011L

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Merk lain yang juga cukup bersaing di pasaran dan sudah lama memproduksi router adalah Prolink. Produknya kali ini adalah MiFi Prolink PRT7011L yang bisa digunakan untuk jaringan 4G LTE jaringan apa saja.

Kapasitas sharing nya adalah 11 perangkat dan bisa disambungkan secara bersamaan. Transfer data pun masih tergolong cepat karena Prolink ini mampu memberikan kecepatan hingga 300 Mbps. Bentuknya sangat simpel tanpa layar seperti halnya produk dari Telkomsel tetapi indikator bisa dilihat jelas.

Beberapa indikator seperti sinyal, status WiFi dan juga power bisa dilihat pada bagian depan modem. Baterai yang digunakan dalam modem ini adalah 2.000 mAh sehingga bisa bertahan cukup lama meskipun terhubung ke 11 perangkat tersebut.

11.  D-Link DWR-932C

D-Link DWR-932C

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Merupakan perusahaan pesaing dari Prolink, D-Link juga sudah lama memproduksi router hingga MiFi. Saat ini produknya yang paling terkenal adalah D-Link DWR-932C yang bisa digunakan untuk terhubung ke 10 perangkat sekaligus.

Baterai yang digunakan juga sama yaitu sebesar 2.000 mAh. Kecepatan dari modem ini relatif lancar dengan internet 4G LTE kecepatannya mencapai 150 Mbps. Bisa digunakan dengan berbagai jenis kartu SIM yang tersedia di Indonesia.

Soal pengecekan sinyal dan ketersediaan baterai kamu tinggal lihat saja indikator yang sudah disediakan pada bagian depan modem. Fitur lain yang menarik adalah WiFi Protected Setup (WPS) yang bisa digunakan dalam sekali tekan saja.

Kecepatan yang stabil dan tidak perlu takut lemot lagi bisa kamu dapatkan selama menggunakan modem ini. Begitu juga soal keamanan, karena modem ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik sehingga tidak perlu takut hacker.

12.  D-Link DWR-730

D-Link DWR-730

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Ada satu lagi MiFi yang dihadirkan oleh D-Link yaitu tipe DWR-730. Dikenal dengan MiFi yang aman dan bisa digunakan di mana saja. Menyediakan slot SIM untuk bisa koneksi ke layanan internet. Tersedia juga micro SD yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data.

Bisa dihubungkan ke 8 perangkat sekaligus dalam satu waktu. Daya tahan baterainya hingga 6 jam jika dalam mode penggunaannya dengan baterai 2380 mAh. Ukurannya juga sangat kecil sehingga sangat mudah dibawa, tidak menghabiskan banyak ruang.

Jika ingin menambahkan perangkat yang tersambung, tinggal sekali klik saja pada tombol yang sudah tersedia. Selain itu juga sudah menggunakan WPS yang membuat jaringan semakin aman. Modem berukuran kecil ini bisa diisi ulang daya dan digunakan kembali.

13.  TP-Link M7350

TP-Link M7350

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Satu lagi merk router yang biasanya digunakan oleh Indihome dan sudah terkenal sejak lama yaitu TP-Link. Perusahaan pembuatnya kini juga sudah memproduksi MiFi salah satunya TP-Link M7350 ini.

Sama seperti MiFi produksi terbaru, modem ini juga bisa dikelola langsung dari aplikasi khusus yang disediakan. Baik itu untuk pengaturan sampai pengecekan sinyal, paket semuanya bisa dilakukan dalam satu aplikasi.

Sekali membuka aplikasi modem kamu juga bisa mengaktifkan pembatasan penggunaan sehingga tidak sembarang orang bisa terhubung. Kamu pun bisa menghemat internet sesuai dengan kebutuhan.

Kecepatan jaringan 4G LTE adalah 150 Mbps sehingga kamu bisa berselancar dengan lebih nyaman. Baterai yang digunakan berkapasitas 2.000 mAh yang mampu bertahan selama beberapa jam. Modem ini bisa dihubungkan secara langsung ke 10 perangkat.

14.  HKM 001

HKM 001

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Salah satu produk pesaing Huawei yang menciptakan modem WiFi sangat tipis dan mudah untuk di bawah ke mana saja. Baterai yang digunakan adalah 3.000 mAh yang digadang-gadang dapat bertahan hingga 12 jam.

Sudah dilengkapi dengan layar LCD sehingga kamu bisa memantau informasi sinyal, baterai, sinyal maupun paket internet. Juga sudah tersedia aplikasi yang bisa dihubungkan ke modem hanya dengan scan barcode langsung.

Dari aplikasi tersebut kamu sudah bisa mengganti password, mengatur jaringan sesuai dengan kebutuhan. Modem ini juga dijual dengan paket bundling bersama XL. Kamu bisa membeli modem XL GO IZI HKM 001.

Paketnya sendiri berisi kuota sebesar 20 GB dari XL dan langsung aktif setelah registrasi. Paket ini bisa aktif sampai 6 bulan ke depan. Modem ini bisa dibeli dengan harga sekitar 600 ribuan.

15.  HKM G008

HKM G008

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Satu lagi MiFi dari HKM yaitu HKM 008 yang bentuknya sangat mirip dengan power bank. Berbeda dengan sebelumnya yang memiliki bagian layar, HKM 008 ini hanya menyediakan indikator baterai lampu, sinyal dalam bentuk lampu.

Bisa digunakan untuk seluruh jenis provider baik di dalam dan luar negeri dengan sinyal 4G LTE. Kecepatan akses jaringannya juga sama yaitu 150 Mbps dan kecepatan upload 50 Mbps. Sayangnya modem ini hanya bisa digunakan untuk sharing ke 5 perangkat saja.

Soal baterai lebih besar daya dibandingkan semua modem WiFi yaitu 3.500 mAh itu artinya modem dapat bertahan sampai belasan jam. Tampilannya pun sangat elegan dan berukuran kecil sehingga nyaman untuk digunakan di mana saja. Harga produk ini di pasaran sekitar 600 ribuan rupiah.

16.  HKM M21

HKM M21

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Mirip dengan HKM G008 di mana kamu bisa menggunakannya untuk berbagai negara, tapi dibatasi hingga 10 negara saja. Karena modem ini sudah menyediakan sistem free roaming sehingga tidak harus menggunakan provider dari Indonesia.

Kamu yang kerap pergi ke luar negeri akan diuntungkan selama membawa modem ini. Sudah lengkap dengan garansi 1 tahun dari produsennya. Kebanyakan HKM M21 dijual dengan promo bundling dengan XL.

Itu artinya kamu akan mendapatkan modem beserta kartu XL dan paket internetnya. Lebih menguntungkannya lagi, HKM M21 juga sudah dilengkapi dengan fitur bypass, jadi jika baterai habis kamu bisa menghubungkannya ke stop kontak untuk mengisi daya.

Soal baterai yang digunakan adalah berkapasitas 2.50 mAh yang bisa bertahan sampai beberapa jam. Tidak masalah jika kamu membeli tanpa promo bundling XL sehingga bisa menggunakan kartu dari provider lainnya.

17.  BOLT! MF90

BOLT! MF90

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Merk modem yang terkenal di tahun 2014, kini menghadirkan modem WiFi Bolt! MF90. Bisa dihubungkan ke 10 perangkat dengan koneksi internet 4G. Sama seperti Huawei, D-Link dan TP-Link kamu bisa menggunakan berbagai kartu SIM di modem ini.

Baterai yang digunakan di perangkat ini kapasitasnya 2.300 mAh yang bisa bertahan hingga 6 jam. Sudah tersedia juga slot microSD yang memfungsikannya sebagai ruang penyimpanan sampai 32 GB. Satu-satunya kekurangan hanyalah kecepatan akses internet adalah 72 Mbps.

Namun bagi kamu yang hanya ingin menggunakan internet untuk keperluan ringan seperti chat atau stroll ke sosial media, modem ini cukup mumpuni. Kamu bahkan bisa membelinya hanya dengan kisaran harga 200 ribuan saja.

18.  MQ531

MQ531

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Dibuat oleh perusahaan produsen alat telekomunikasi di Perancis dan jadi salah satu pesaing dari Huawei. Kecepatan yang dihadirkan adalah 150 Mbps untuk jaringan 4G LTE. Satu modem ini bisa terhubung ke 10 perangkat apapun di waktu yang bersamaan.

Dibekali baterai dengan kapasitas 2.000 Mbps, modem ini bisa bertahan belasan jam. Bentuknya juga cukup ringkas dan bisa di bawa ke mana saja. Bagian depannya sudah memiliki layar yang bisa dengan mudah mengecek indikator modem.

Biasa dijual dengan paket dari Telkomsel kamu bisa membeli dari harga 400 ribuan hingga 900 tergantung jenis paket yang dipilih. Namun untuk modemnya sendiri kamu sudah bisa membeli di harga 400 ribuan saja.

19.  Alcatel EE70

Alcatel EE70

 

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Lanjut pada produk Alcatel, kali ini ada modem Alcatel EE70. Modem ini memiliki warna yang sangat menggebrak. Jika biasanya warna modem putih atau hitam, Alcatel menggunakan perpaduan warna kuning dan hitam. Sangat cocok digunakan oleh anak muda.

Spesifikasinya sendiri adalah sudah bisa digunakan untuk semua jenis operator di Indonesia yang mencakup jaringan 4G LTE. Kecepatan download nya juga tidak tanggung-tanggung yakni mencapai 300 Mbps dan kecepatan upload rata-rata 50 Mbps.

Bisa digunakan untuk sharing ke 20 perangkat, lebih banyak dibandingkan HKM G008. Dilengkapi juga dengan baterai berkapasitas 2.150 mAh yang mampu bertahan cukup lama. Pada bagian depan modem juga sudah tersedia indikator sinyal, baterai, sampai dengan power.

Ukurannya relatif kecil mirip dengan pager zaman dahulu sehingga bisa dibawa di dalam saku. Karena warnanya yang cukup mencolok maka akan mudah menemukan modem ini di dalam tas.

20.  Jio JMR541

Jio JMR541

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Merk MiFi lain yang juga tak kalah terkenal adalah Jio dengan produknya seri JMR541. Sebuah pilihan tepat bagi kamu yang memiliki budget tipis tapi perlu membeli modem. Pasalnya Jio JMR541 ini bisa dibeli dengan harga sekitar 350 ribuan rupiah saja.

Sudah memiliki indikator sinyal, baterai dan sinyal WiFi kamu dengan mudah memantaunya dari tampilan tersebut. Soal koneksi sudah bisa digunakan untuk semua jenis provider yang ada di Indonesia.

Baterai yang digunakan di dalamnya berkapasitas 2.600 mAH yang bisa bertahan cukup lama. Jika baterai habis kamu masih bisa menggunakan charger adaptor sehingga internetan tetap lancar.

Mifi ini bisa dihubungkan ke 31 perangkat sekaligus dengan kecepatan yang tetap stabil. Kecepatan internetnya sendiri mencapai 15 Mbps dengan kecepatan upload 50 Mbps. Kamu bisa lebih santai untuk menggunakannya modem ini menonton film, mendownload dan lainnya.

21.  Jio WD681

Jio WD681

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Satu lagi MiFi keluaran Jio yaitu Jio WD681 yang tersedia dalam garansi 1 tahun. Kamu bisa menggunakan modem ini untuk semua provider kecuali Smartfren. Sudah tersedia smart display yang berukuran besar dibandingkan sebelumnya.

Baterai yang disematkan dalam perangkat adalah 2.100 mAh dan mampu bertahan hingga belasan jam. Apabila baterai habis kamu masih bisa menggunakan fitur bypass sehingga tinggal sambungkan saja ke sumber daya listrik.

Tingkat kecepatan download nya adalah 150 Mbps dengan upload 50 Mbps. Kamu bisa menyambungkan satu modem ini langsung ke 10 perangkat yang lainnya. Produk ini bisa kamu beli dengan harga di kisaran 600 ribuan juga.

Tips Memilih Mifi sesuai Kebutuhan

Memperhatikan 21 deretan MiFi yang direkomendasikan ini, artinya masih banyak MiFi dengan merk dari seri lainnya. Memang benar MiFi saat ini sudah banyak diproduksi hingga berbagai merk pun tersedia.

Namun supaya tidak salah beli, kamu harus tahu mana modem WiFi yang sesuai dengan kebutuhan. Tujuannya agar modem bisa berfungsi dengan tepat dan kamu pun tidak akan sia-sia sudah mengeluarkan uang untuk membelinya.

Berikut ini tips mudah dalam menentukan mana modem WiFi yang sebaiknya digunakan.

1.      Memperhatikan Kecepatan Akses Download

Hal pertama yang penting diperhatikan adalah soal kecepatan akses yang dimiliki modem. Dari daftar di atas bisa dilihat jelas bahwa kecepatan download dimulai dari 150 Mbps bahkan ada yang sampai 300 Mbps.

Kecepatan ini bisa jadi patokan kamu untuk membeli, tentu saja semakin tinggi kecepatan akan lebih mahal harga modem. Kecepatan 150 Mbps sudah cukup mumpuni untuk mengakses layanan browser dan cek informasi. Tapi jika ingin streaming dan akses internet lebih banyak maka butuh kecepatan yang lebih tinggi.

2.      Kapasitas Baterai yang Lebih Besar

Perhatikan juga soal baterai. Rata-rata modem WiFi yang bagus memiliki kapasitas baterai 1.500 mAH. Kapasitas ini sudah bisa membuat modem menyala lebih dari belasan jam. Membeli modem WiFi tanpa baterai artinya modem harus dinyalakan dengan sambungan listrik.

Hal tersebut bisa menyulitkan jika kamu sedang bepergian. Lebih bagus lagi jika kamu bisa membeli modem yang memiliki fitur bypass. Sehingga ketika baterai habis, modem masih tetap bisa dinyalakan ketika tersambung ke listrik.

3.      Kapasitas Sharing ke Perangkat

Khusus kamu yang akan menggunakan modem untuk bekerja sehingga harus bisa sharing ke banyak perangkat, maka kapasitas sharing juga jadi penentunya. Biasanya modem dengan kapasitas sharing tinggi juga diiringi dengan kecepatan transfer tinggi.

Misalnya untuk sharing ke 32 perangkat kecepatannya setidaknya 300 Mbps. Sedangkan untuk sharing ke 10 perangkat maka kecepatannya minimal 150 Mbps. Tujuannya agar tidak membuat setiap perangkat yang mengakses internet merasa terhambat.

4.      Punya Fitur Tambahan atau Tidak

Satu lagi yang bisa diperhatikan adalah soal fitur tambahannya. Beberapa modem WiFi telah dilengkapi dengan slot micro SD yang membuatnya bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan seperti USB.

Jika kamu membutuhkan fitur ini maka belilah modem dengan fitur penyimpanan tersebut. Tinggal pilih berapa kapasitas micro SD yang bisa dipasang sesuai dengan data yang ingin kamu simpan.

5.      Pertimbangkan Membeli Paket Bundling

Jika ingin membeli modem yang praktis dan cepat atau mudah digunakan maka belilah modem paket bundling. Modem ini dijual bersamaan dengan kartu SIM dari provider tertentu dan sudah tersedia kuota internet.

Jadi kamu hanya perlu memasang kartu SIM, mengaktifkan paket dan langsung menggunakan modem. Jenis paketnya pun bervariasi mulai dari XL, Telkomsel hingga Smartfren. Ada yang sampai 100 GB lebih untuk beberapa bulan.

6.      Desain Modem yang Ringkas

Soal desain ini ada dua hal yang diperhatikan. Pertama adalah keringkasan bentuknya sehingga mudah untuk dibawa. Beberapa modem sudah dibuat dengan model seperti ini tanpa harus menggunakan antena.

Kedua adalah pada bagian desainnya terdapat indikator sinyal, baterai, power dan informasi lain yang termasuk penting. Baik itu modem yang sudah menggunakan smart screen maupun belum indikator ini wajib ada.

7.      Cara Menggunakan yang Mudah

Bagaimana cara menggunakan modem WiFi tersebut juga harus diperhatikan. Ada modem yang sudah memiliki aplikasi sehingga tinggal akses aplikasinya untuk mengaktifkan. Namun ada juga harus mengunjungi ke website resminya.

Cara paling mudah tentu saja dengan modem yang sudah dilengkapi dengan aplikasi khusus. Sehingga kamu tinggal instal saja aplikasinya untuk mengaktifkan atau sewaktu-waktu ingin mengubah password serta username.

Cara Mengaktifkan Modem WiFi Semua Jenis Merk

Cara Mengaktifkan Modem WiFi Semua Jenis Merk

Baik itu modem yang sudah tersedia aplikasi maupun tidak, kamu harus bisa mengaktifkannya. Cara mengaktifkannya pun berbeda ketika kamu memasang kartu SIM dan membeli paket internet.

Kamu perlu mengakses ke ip address modem atau aplikasinya untuk mengatur kartu SIM atau jaringannya. Begitu juga untuk mengatur username serta password yang perlu diubah secara rutin.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan secara lengkap.

1.      Memasang Kartu SIM dan Micro SD

Langkah pertama adalah memasang kartu SIM yang kamu beli secara terpisah atau bersamaan dengan modem WiFi. Cara memasangnya pun sama seperti pemasangan di ponsel jadul.

Kamu tinggal membuka saja casing belakang MiFi dan lepaskan baterai maka akan terlihat slot micro SD dan kartu SIM. Pasang dengan posisi sesuai petunjuk pada modem WiFi, jangan sampai salah supaya kartu SIM nantinya bisa terbaca.

2.      Mencatat IP Address

Kartu sudah terpasang sebelum mengembalikan ke casing semula kamu harus mencatat terlebih dahulu IP Address yang terdapat pada body modem. Informasi soal Ip Address, username dan password yang bisa digunakan akan tercantum di situ.

Kamu perlu mencatatnya terlebih dahulu karena akan digunakan untuk menyambungkan jaringan modem nantinya. Kecuali jika modem tersebut sudah memiliki aplikasi khusus, maka kamu tinggal masuk saja ke aplikasinya.

Kemudian pasang kembali baterai dan tutup casing belakang MiFi dan sudah bisa mulai untuk dinyalakan.

3.      Menyalakan Modem WiFi

Sekarang kamu bisa menyalakan modem WiFi dengan menekan tombol power yang sudah tersedia di bagian depan atau samping. Cek terlebih dahulu letak tombol ini sebelum menyalakannya.

Tinggal tekan tombol tersebut selama beberapa detik kemudian tunggu indikator atau smart screen nya menyala. Cek terlebih dahulu apakah baterai sudah penuh, jika ternyata masih kosong perlu di charge terlebih dahulu.

4.      Mengakses IP Address atau Aplikasi

Sekarang kamu bisa menggunakan ponsel atau komputer untuk membuka Ip Address yang tadi sudah dicatat. Bisa juga langsung membuka aplikasi yang sudah disediakan masing-masing merk modem.

Tinggal buka saja web browser kemudian masukkan IP Address dan pilih Enter. Tunggu sampai kamu bisa membuka halaman website resmi dari modem tersebut. Pada halaman login kamu tinggal memasukkan username dan password yang tadi telah dicatat.

Begitu juga jika modem menggunakan aplikasi khusus. Contohnya saja modem dari Telkomsel seperti Orbit Pro atau Orbit Star H1, maka kamu bisa langsung instal aplikasi MyOrbit dari Google Play. Khusus aplikasi ini kamu bisa registrasi dulu via website sehingga untuk login ke aplikasi bisa menggunakan akun yang sudah terdaftar tadi.

5.      Mengubah Username dan Password

Demi keamanan, maka langkah awal setelah masuk ke sistem pengaturan modem kamu perlu mengganti username dan password terlebih dahulu. Khususnya jika kamu yang masuk ke sistem masih menggunakan Ip Address.

Caranya tinggal masuk saja ke Pengaturan atau Settings > WLAN  dan kamu tinggal atur password dan username baru pada kolom yang sudah disediakan. Klik Apply untuk menyimpan perubahan dan sekarang setiap akan login kamu bisa menggunakan username dan password yang baru.

6.      Mengaktifkan Jaringan Internet

Usai merubah username dan password ini kamu bisa mulai untuk mengaktifkan jaringan. Pastikan bahwa kamu telah membeli paket dengan benar. Jika menggunakan aplikasi seperti MyOrbit maka kamu terlebih dahulu harus mendaftarkan nomor.

Tinggal klik Aktivasi kemudian pindai modem yang telah menyala tadi. Jika modem sudah terdeteksi maka kamu tinggal registrasi NIK dan juga Nomor KK untuk mengaktifkan kartu melalui aplikasi MyOrbit. Apabila registrasi berhasil seharusnya modem bisa langsung digunakan.

Beda lagi jika kamu menggunakan Ip Address, sebaiknya kartu SIM diregistrasi terlebih dahulu melalui ponsel baru dipasang ke modem. Karena setelah kamu mengganti username dan password, modem sudah aktif.

7.      Menyambungkan Modem ke Perangkat

Sekarang kamu bisa mendapatkan jaringan internet dari modem. Contohnya pada laptop, kamu tinggal klik ikon sinyal WiFi di tab bagian pojok kanan bawah dashboard. Setelah itu tinggal pilih nama WiFi sesuai username yang tadi telah kamu ubah.

Klik koneksikan atau connect untuk langsung terhubung ke jaringan internet dari modem tersebut. Jangan lupa kamu juga harus memasukkan password yang benar. Begitu juga jika menggunakan smartphone, kamu bisa langsung klik menu WiFi kemudian pilih Pindai atau Search.

Klik nama WiFi sesuai dengan modem yang kamu gunakan dan klik Sambungkan. Masukkan juga username dan password sesuai yang telah diatur tadi. Sampai di sini seharusnya perangkat telah terhubung ke modem secara langsung.

Kesimpulan

Ada begitu banyak modem WiFi terbaik yang dijual di Indonesia. Masing-masing memiliki spesifikasi berbeda yang menentukan harga. Alangkah baiknya jika kamu membeli sesuai dengan kebutuhan, bukan soal tampilan desain dan harganya saja.

Dengan banyaknya varian modem tentunya kamu tidak akan kesulitan untuk membeli mana yang paling cocok dengan kebutuhan. Jangan lupa juga pastikan provider yang kamu pilih memiliki sinyal kuat sesuai daerahmu sehingga koneksi pun lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *