Contoh Email: 9+ Tips Cara Membuat Alamat Email Formal!!

Posted on

Jika Anda masih bingung cara membuat email, kami punya banyak contoh email untuk Anda. Memang, saat ini banyak pekerjaan atau urusan lain yang mengharuskan kita menggunakan email. Alamat email sendiri merupakan susunan alamat yang biasanya berbentuk username atau nama.

Pengertian Alamat Email dan Alamat Email

Alamat email merupakan nama unik yang berfungsi mengidentifikasi akun email. Alamat email sendiri digunakan untuk mengirim dan menermia pesan melalui internet.

Sedangkan electronic mail (email) atau surat elektronik yaitu sarana untuk mengirim pesan lewat perangkat teknologi smartphone atau computer melalui jaringan internet. Membuat alamat email tidak boleh asal-asalan. Sebaiknya, Anda menyesuaikannya apakah untuk keperlian pribadi atau profesional.

Apa Saja Penyedia Layanan Email Gratis?

Contoh Email - Penyedia Layanan Email Gratis

Ada beberapa penyedia layanan email yang gratis. Jadi, Anda bisa menggunakannya tanpa perlu membayar.

1.       Gmail

Penyedia layanan terpopuler ini adalah milik Google. Gmail tidak hanya cocok untuk komunikasi pribadi, tetapi juga urusan bisnis. Gmail sendiri hadir dengan beragam fitur canggih termasuk fitur Forwarding dan Undo Send.

Google telah menambahkan Langkah keamanan pada Gmail. Misalnya adalah verifikasi 2 langkah & filter spam guna mengurangi kemungkinan akun diretas dan Anda menerima pesan sampah.

2.       Outlook

Selanjutnya, ada Outlook.com yang merupakan penyedia layanan email gratis milik Microsoft. Salah satu fitur canggih yang ditawarkannya adalah Clutter untuk mencari email yang prioritasnya lebih rendah & memisahkannya dari kotak masuk Anda.

Selain itu, ada Outlook.com juga dilengkapi dengan kemampuan Undelete untuk memulihkan email yang tidak sengaja terhapus. Bahkan, Outlook terintegrasi dengan software populer lain milik Microsoft.

3.       Yahoo! Mail

Yahoo memang sudah beralih kepemilikan beberapa tahun lalu. Tetapi, Anda masih dapat mendaftar akun email Yahoo. Salah satu fiturnya adalah penghapusan inbox secara otomatis setelah 3 bulan.

Selain itu, Yahoo memiliki penyimpanan hingga 1 TB. Kemudian, ada juga enkripsi SSL dan filter spam. Bukan hanya itu, Yahoo memberi Anda akses ke layanan Yahoo lain.

Pentingnya Akun Email

Akun email sangat penting karena kita sering menggunakannya. Misalnya, kita butuh akun email untuk mendaftar akun media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

Selain itu, akun email juga dibutuhkan untuk keperluan lain seperti syarat pendaftaran layanan internet, mengirim beragam jenis file, mengirim surat elektronik, hingga sebagai media layanan sebuah konten. Karena itulah Anda wajib memiliki akun email.

Membuat Alamat Email yang Benar

Alamat email sebaiknya dibuat dengan benar. Tujuannya adalah agar email berkesan formal & tidak asal dibuat. Selain itu, nama Anda mungkin saja sama denga orang lain sehigga alamat email Anda harus dan pasti berbeda dengan alamat email orang lain.

Kemudian, alamat email juga akan mudah diingat. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa contoh email yang benar.

Misalnya, nama Anda adalah Gunawan dan Anda ingin melamar sebuah pekerjaan melalui email. Anda bisa saja membuat alamat email gunawanwaelkjdlkasdas@gmail.com. Akun email Anda bisa aktif dan dapat Anda gunakan untuk mengirim email.

Tetapi, nama alamat email Anda terkesan asal-asalan dan tidak formal sehingga kurang cocok untuk melampirkan dokumen untuk keperluan melamar pekerjaan. Untuk komunikasi pribari, alamat email seperti di atas tidak menjadi masalah.

Tips Membuat Alamat Email

Tips Membuat Alamat Email

Agar alamat email terlihat bagus, ada beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan. Berikut tips-tips dalam membuat alamat email.

1.       Buat Alamat Email Sesuai Nama Lengkap

Cara paling mudah adalah dengan menggunakan nama lengkap Anda. Dengan nama lengkap Anda, alamat email bukan hanya bagus tapi juga formal. Bahkan, orang lain akan mudah mengingat & membacanya.

2.       Jangan Pakai Angka

Sering kali kita melihat alamat email yang menggunakan angka-angka atau karakter lainnya. Memang, angka bisa menjadi solusi untuk Anda yang kesulitan menemukan alamat email yang belum pernah dipakai orang lain.

Tetapi, sebaiknya Anda gunakan kata tambahan lain daripada menggunakan angka. Misalnya jika nama Anda adalah Gunawan dan Anda merupakan seorang penulis, contoh email yang bisa Anda buat adalah gunawan.penulis@gmail.com.

3.       Hindari Kata Selain Nama Anda, Profesi, atau Merk Bisnis Anda

Intinya, jangan pakai kata-kata yang tidak penting! Jika Anda ingin punya lebih dari 1 akun email, Anda bisa pakai kata yang mewakilinya. Sebagai contoh, jika Anda Bernama Gun Awan dan profesi Anda adalah seorang desainer, maka Anda bisa coba membuat alamat email gun.desainer@gmail.com.

Cara Menulis Email dan Contoh Email Resmi

Cara Menulis Email dan Contoh Email Resmi

Sekarang, bagaimana cara menulis email yang resmi? Tentu saja, penulisan email ada aturannya. Jadi, Anda harus tahu betul mengenai hal ini.

1.       Gunakan Nama & Alamat Email Profesional

Pertama, Anda harus menggunakan alamat email profesional. Itulah kenapa Anda perlu membuat nama email yang bagus. Anda bisa mendapatkan inspirasi nama-nama alamat email dari beberapa contoh di atas.

2.       Tulis Subject yang Ringkas dan Jelas

Mengisi subject email juga penting. Pastikan subject email Anda ringkas dan jelas, serta mewakili isi dari email yang Anda kirim. Misalnya, jika Anda ingin menawarkan pengadaan CCTV yang murah, Anda bisa menuliskan subject email seperti ini: ‘Proposal Penawaran CCTV’.

3.       Kenali Penerima Email Anda

Selanjutnya, Anda harus mengenali siapa penerima email. Jika Anda sudah mengenal siapa penerimanya, Anda bisa menyebutkan Namanya. Tetapi jika Anda belum mengenal penerima email Anda, cukup sebutkan sapaan Anda atau Bapak atau Ibu.

4.       Gunakan Salam Pembuka

Sebelum masuk ke poin utama isi email, ada baiknya untuk menulis salam pembuka. Di Indonesia, ada banyak salam pembuka yang kerap digunakan untuk surat-menyurat, termasuk surat elektronik. Beberapa diantaranya adalah Assalamu’alaikum, Yang Terhormat, Dengan Hormat, atau dengan penambahan Saudara, Saudari, Bapak, Ibu, dll.

5.       Perkenalkan Diri atau Ucapan Terimakasi (Jika Membalas Email)

Setelah salam pembuka, mulai email Anda dengan memperkenalkan diri. MIsalnya, untuk melamar pekerjaan, Anda bisa memperkenalkan diri dengan kalimat seperti ini:

‘Nama saya Gunawan. Melalui email ini, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai Penulis Harian Lepas di Gudang Penulis.’

Lain halnya jika Anda sedang mengirim email balasan, maka sebaiknya Anda mulai dengan ucapan terimakasih. Contohnya kalimat ucapan terimakasih adalah:

‘Terimakasih Bapak Gunawan atas email lamaran pekerjaan yang Anda ajukan.’

6.       Isi Email Resmi

Ini adalah bagian inti email. Meski Anda bisa menulis Panjang lebar, sebaiknya isi email Anda tidak terlalu Panjang, tidak juga terlalu pendek. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan jenis font, ukuran font, dan pemilihan diksi yang sopan.

7.       Penutup

Karena diawali dengan salam pembuka, email juga harus diakhiri dengan penutup. Untuk email resmi, contoh penutupnya adalah seperti ini:

‘Atas perhatian Bapak Gunawan, kami ucapkan terima kasih.’

8.       Signature

Sebenarnya, ini hanyalah opsional. Namun untuk email resmi, mencantumkan signature juga sangat bagus. Signature email sendiri bisa berisi informasi seperti jabatan Anda, alamat kantor, nomor HP, dll.

Misalnya, Anda bisa membuat signature email seperti ini:

Gunawan

PT Pdscustom, Tbk

Jl. Raya No 00 Limpung, Batang 51271

Jawa Tengah – Indonesia

Demikian pembahasan yang jelas mengenai beberapa contoh email, baik pembuatan nama atau alamat email maupun penulisan email yang baik dan benar untuk kepentingan formal. Sekarang, Anda bisa coba buat alamat email sendiri dengan tips-tips di atas dan menulis email untuk keperluan Anda masing-masing. Mudah-mudahan, artikel ini cukup jelas dan bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.