3 Cara Transfer Pulsa Indosat Tanpa Menunggu 180 Hari

Posted on

Setiap provider pastinya memiliki syarat dan ketentuan tersendiri terkait transfer pulsa. Cara transfer pulsa Indosat tanpa menunggu 180 hari ternyata bisa dicoba. Terlebih ketika jika ada saudara atau teman yang membutuhkannya secara mendesak.

Cara Transfer Pulsa Indosat Tanpa Menunggu 180 Hari

Cara Transfer Pulsa Indosat Tanpa Menunggu 180 Hari

Pada dasarnya, transfer pulsa bisa dilakukan sendiri ke berbagai nomor telepon. Baik itu sesama operator, maupun beda operator. Bagi yang bingung cara transfer pulsa Indosat tanpa harus menunggu 180 hari lamanya, sebaiknya simak tutorialnya berikut ini.

1.     Menggunakan Pesan atau SMS

Cara Ganti Nomor SMS Banking BCA

Meskipun pesan atau SMS tampak kuno, namun fitur yang satu ini tidak bisa dihilangkan begitu saja. Ada berbagai macam hal yang bisa dilakukan dengan SMS, salah satunya ketika hendak transfer pulsa.

Pihak Indosat sendiri memungkinkan pelanggannya mengirimkan pulsa melalui SMS. Seperti yang telah diketahui, salah satu persyaratannya yaitu usia kartu mencapai 180 hari. Sebenarnya, transfer pulsa bisa saja dilakukan meskipun kartu belum mencapai waktu tersebut.

Jika kamu ingin mencobanya, berikut cara transfer pulsa Indosat tanpa menunggu 180 hari melalui SMS.

  • Buka aplikasi Pesan atau SMS yang ada di smartphone.
  • Selanjutnya, mulai pesan baru dengan tap ikon pena.
  • Ketikkan format SMS berikut ini: TRANSFERPULSA<spasi>NO.HP<spasi>NOMINALPULSA. Contohnya: TRANSFERPULSA 085664383622 10000.
  • Setelah itu, kirim ke nomor 151.
  • Tunggu beberapa saat sampai mendapat balasan konfirmasi berupa kode token.
  • Copy token tersebut lalu ketikkan pesan ke 151 dengan format: OK[KODETOKEN]. Contohnya: OK 756474.
  • Setelah itu, tunggu notifikasi atau pemberitahuan berisi keterangan bahwa transfer sudah berhasil dilakukan.

2.     Menggunakan Menu Dial

kode dial 123151#

Cara transfer pulsa Indosat tanpa menunggu 180 hari berikutnya yaitu melalui menu dial atau keypad. Cara ini tidak kalah mudah sehingga bisa dicoba. Siapa tahu kamu bisa transfer pulsa ke nomor yang dituju meskipun usia kartu belum mencapai 180 hari.

  • Langkah pertama, silahkan buka menu Dial atau Telepon yang ada di HP.
  • Pastikan keypad atau tombol sudah aktif lalu ketikkan kode dial *123*151#.
  • Selanjutnya, pilih Info lalu Pulsa.
  • Pilih Transfer Pulsa.
  • Masukkan nomor tujuan dan nominal pulsa yang hendak dikirimkan.
  • Tekan
  • Tunggu sampai proses transfer pulsa selesai dilakukan oleh pihak provider.

Pihak Indosat biasanya akan mengirimkan notifikasi transfer pulsa melalui SMS. Jika transfer gagal dilakukan, sebaiknya periksa nomor tujuan mungkin saja salah atau saldo pulsa tidak mencukupi.

3.     Menggunakan Aplikasi MyIM3

Aplikasi MyIM3

Jika kamu pengguna Indosat, maka sangat disarankan menggunakan MyIM3. Aplikasi ini memudahkan berbagai macam transaksi, termasuk transfer pulsa ke sesama Indosat maupun beda operator. Berikut langkah-langkahnya yang bisa diikuti.

  • Buka aplikasi MyIM3 yang terinstall di ponsel kamu.
  • Pada tampilan utama, pilih menu Admin.
  • Selanjutnya, MyIM3 akan menghubungkan kamu ke admin Indosat via WhatsApp bernama Indira.
  • Kamu akan diberi notifikasi apakah nomor tersebut memang milik sendiri, tekan Ya.
  • Setelah itu, ketikkan Transfer Pulsa.
  • Admin tersebut akan mengarahkan kamu untuk melakukan transfer melalui UMB atau SMS.
  • Jika menggunakan SMS, silahkan gunakan format TransferPulsa<spasi>NomorTujuan<spasi>NominalPulsa lalu kirim ke 151.
  • Tunggu sampai ada notifikasi bahwa transfer pulsa berhasil dilakukan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Transfer Pulsa Indosat

Transfer Pulsa Indosat

Sebagai salah satu operator besar di tanah air, Indosat menyediakan layanan transfer pulsa yang bisa diandalkan. Namun, tentunya setiap provider memiliki syarat dan ketentuan tersendiri bagaimana proses transfer pulsa tersebut bisa dilakukan.

Hal ini penting diperhatikan agar kamu tidak bingung nantinya. Misalnya ketika transfer pulsa gagal dilakukan, bisa jadi karena salah satu persyaratannya belum terpenuhi. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan sebelum transfer pulsa Indosat adalah sebagai berikut.

1.     Biaya Admin

Sama seperti layanan transfer uang, untuk transfer pulsa pun akan dikenai biaya admin. Pihak Indosat sendiri mengenakan biaya sebesar Rp600 per satu kali transfer pulsa. Namun, tindakan ini tentunya tidak akan mengurangi masa aktif kartu.

2.     Nomor Pengirim dan Penerima Harus Aktif

Kamu tidak hanya harus memastikan nomor tujuan benar, melainkan statusnya juga aktif. Begitu pula dengan penerimanya, tentu tidak boleh nomor yang hangus. Jika nomor salah satu atau keduanya sudah tidak aktif, maka sudah dipastikan transfer pulsa gagal dilakukan.

3.     Saldo Minimal Pulsa

Sebelum transfer pulsa, ada baiknya kamu memperhitungkan apakah saldo yang dimiliki mencukupi atau belum. Untuk Indosat sendiri, pulsa minimum yang harus ada sebelum transfer adalah Rp5.000 setelah pengiriman.

Contohnya ketika hendak transfer pulsa Rp50.000, maka pulsa yang harus dimiliki saat itu paling sedikit Rp55.000.

4.     Limit Transfer Pulsa

Walau bagaimanapun, Indosat juga memberlakukan aturan limit transfer pulsa. Adapun batasan tersebut adalah Rp200.000 per hari. Jika ingin mengirim lebih dari itu, kamu harus menunggu keesokan harinya.

5.     Usia Kartu

Aturan resminya sendiri Indosat mengharuskan nomor pengirim harus berusia minimal 180 hari. Jika kurang dari itu, transfer pulsa bisa bermasalah bahkan tidak bisa dilakukan.

Manfaat Transfer Pulsa Indosat

Manfaat Transfer Pulsa Indosat

Keberadaan pulsa memang tidak terpisahkan dari ponsel saat ini. Meskipun sudah marak pembelian kuota, pulsa tetap dibutuhkan untuk berbagai macam alasan.

Kenyataannya, masih banyak yang belum mengetahui manfaat dari transfer pulsa. Padahal, beberapa manfaat tersebut mungkin dibutuhkan, baik oleh pihak pengirim maupun penerima. Lalu, apa saja manfaat transfer pulsa yang belum diketahui banyak orang?

1.     Solusi Kebutuhan Pulsa yang Mendadak

Penggunaan smartphone semakin marak dan memudahkan pemiliknya melakukan berbagai macam transaksi. Salah satunya adalah transfer pulsa yang bisa dilakukan provider Indosat dan lainnya. Jadi, kamu tidak perlu keluar rumah mencari counter pulsa, terlebih jika jaraknya juga cukup jauh.

Jika saudara atau teman membutuhkan pulsa secara mendadak, kamu tinggal melakukan transfer pulsa melalui genggaman smartphone.

2.     Memperpanjang Masa Aktif Kartu (Secara Tidak Langsung)

Seperti yang telah disebutkan di atas, sebenarnya transfer pulsa tidak memberikan tambahan masa aktif. Namun, kamu bisa mengakalinya jika ternyata nomor memasuki akhir masa tenggang.

Satu hari sebelum nomor ‘dihanguskan’, kamu bisa mengaktifkan paket internet menggunakan pulsa transfer. Dengan demikian, secara otomatis nomor tersebut akan mengikuti masa aktif paket data yang telah diaktifkan.

3.     Transaksi Diproses dengan Cepat

Transfer pulsa menggunakan Indosat umumnya tidak membutuhkan waktu lama, kecuali sinyal provider memang sedang gangguan. Kamu bisa transfer pulsa melalui SMS, kode dial, maupun aplikasi MyIM3 dengan mudah.

Bahkan dalam hitungan detik saja pulsa bisa langsung sampai ke nomor penerima. Tak heran jika transfer pulsa kerap kali menjadi solusi ketika sedang butuh pulsa mendadak atau sedang malas ke counter.

4.     Pulsa Fleksibel Digunakan

Pulsa yang didapat dari transferan nomor pengirim bisa digunakan untuk apa saja. Misalnya beli paket internet, SMS, maupun nelpon. Jadi meskipun tidak memperpanjang masa aktif kartu, pulsa tersebut tetap memiliki fungsi seperti pulsa yang didapat di tempat lain.

Beberapa cara transfer pulsa Indosat tanpa menunggu 180 hari bisa kamu coba satu per satu. Sebaiknya coba melalui menu SMS atau dial terlebih dahulu. Pastikan nominal pulsa mencukupi, baik untuk ditransfer maupun biaya adminnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.