3 Fungsi dan Cara Pasang Elco pada Speaker 2022 – 100% SUKSESS!!

Posted on

Pada speaker, terdapat satu komponen yang memiliki fungsi penting untuk menjaga speaker agar tidak rusak, yakni elco. Dengan begitu, cara pasang elco pada speaker haruslah dilakukan dengan benar agar pemotongan frekuensi rendah atau nada bass berhasil sehingga tidak masuk ke tweeter.

Fungsi Elco pada Speaker

cara pasang elco pada speaker

Sebelum membahas tentang cara pasang elco pada speaker, pembahasan tentang fungsi elco pada speaker pastinya akan menambah pengetahuan kamu. Sebenarnya, fungsi elco memiliki kaitan erat dengan arus listrik, karena fungsinya sebagai penyimpanan arus listrik DC alias searah.

Nah, elco ini biasanya akan digunakan dalam sebuah rangkaian, misalnya saja seperti pada power supply regulator, kemudian juga beberapa rangkaian lainnya tanpa terkecuali pada rangkaian di dalam speaker.

Penggunaan elco pada speaker ternyata juga memiliki fungsi yang sama seperti penggunaannya pada perangkat lain, misalnya perangkat amplifier, kemudian radio, bahkan televisi juga, yakni untuk menyaring suara dengan sempurna.

Sedangkan di dalam speaker, elco akan memotong frekuensi rendah atau nada bass seperti yang disinggung sebelumnya. Pemotongan tersebut bertujuan agar nada bass tidak masuk ke tweeter, sehingga tweeter bisa lebih awet dan tidak mudah rusak.

Cara Pasang Elco pada Speaker

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwasannya memasang elco pada sebuah speaker haruslah dilakukan dengan benar. Dengan demikian, mengenali dan mengetahui urutan caranya satu per satu adalah sesuatu yang sangat diperlukan.

Selain itu, ada satu kesalahan yang tidak boleh dilakukan, yakni memasang elco terbalik karena dapat berakibat fatal pada speaker. Bahkan pemasangan terbalik dapat mengakibatkan tweeter maupun speaker tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Pemasangan elco pada speaker tidak boleh terbalik karena ada alasan lain, yakni kaki satu dengan kaki yang lainnya memiliki perbedaan. Pasalnya, sebuah elco atau sebutan panjangnya adalah Elektrolit Condensator memiliki dua buah kaki, yaitu kaki negative (-) dan juga kaki positif (+).

Dengan demikian, pada sebuah rangkaian elektronik untuk menemukan komponen elco akan sangat mudah, ya. Ternyata, komponen elco memiliki tegangan yang tidak sama dan disesuaikan dengan ukurannya, lho.

Nah, guna membedakan tegangan masing-masing elco dapat kamu lihat pada bagian bodinya, karena di sana sudah pasti sudah tertulis secara jelas berapa batasan maksimal tegangannya. Kamu wajib mematuhi batasan maksimal tegangan pada elco, agar tidak terjadi hal-hal buruk.

Pasalnya, apabila tegangan yang mengalir ke elco melebihi batas maksimal tegangan sesuai ketentuan, maka kemungkinan besar elco akan mengalami kerusakan. Hal tersebut ternyata juga dapat memicu terjadinya ledakan, lho.

Fungsi Elco Secara Umum

Cara pasang elco pada speaker harus dilakukan dengan benar sehingga fungsinya bisa bermanfaat sebagaimana mestinya. Sebelumnya kita sudah membahas tentang fungsi elco pada speaker, sedangkan di bawah ini akan ada informasi tentang fungsi elco secara umum.

  • Sebagai Filter

Pertama, elco secara umum memiliki fungsi sebagai filter atau komponen penyaring suara sehingga suara yang terdengar akan lebih sempurna. Hal ini bisa kamu buktikan pada penggunaan elco di beberapa perangkat, seperti radio, amplifier, televisi, dan lain sebagainya.

Secara umum, elco sebagai filter pada perangkat radio memiliki fungsi untuk menyaring atau menghambat gangguan-gangguan dari luar, sehingga suara yang dihasilkan lebih jernih serta sempurna.

  • Sebagai Kopling

Sedangkan fungsi elco sebagai kopling dapat kamu lihat dari penggunaan perangkat amplifier yang mana fungsinya adalah untuk kopling alias penghubung amplifier di tingkat rendah kemudian dibawa ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

  • Sebagai Kapasitor

Fungsi yang ketiga adalah sebagai kapasitor dan bisa dilihat pada penggunaan di lampu neon. Fungsi elco sebagai kapasitor ini adalah untuk menghemat penggunaan daya listrik.

Tak hanya dapat dilihat pada perangkat lampu neon, fungsi elco sebagai kapasitor juga ada di rangkaian antena, yakni sebagai pembangkit frekuensi.

Tipe-Tipe Elco

Di dalam sebuah kapasitor polar akan ada dua buah kutub yang berlawanan tepatnya di setiap kaki-kakinya. Dengan begitu, pada pemasangan elco tidak bisa terbaik ataupun salah pemasangan, karena kesalahan setitik saja dapat menimbulkan masalah besar.

Masalah besar tersebut akan berimbas pada keseluruhan komponen sistem dari kondensator yang pastinya berakibat fatal. Nah, kapasitor elco sendiri terbagi menjadi dua tipe, yaitu kapasitor tipe polar dan juga kapasitor tipe bipolar alias non polar.

Pembagian tipe-tipe elco tersebut tentu ada dasarnya, ya, yakni didasarkan pada suatu polaritas kutub positif dan negatif, yang mana masing-masing dari kapasitor memiliki perannya sendiri-sendiri.

Setelah mengetahui informasi-informasi penting tentang elco, coba terapkan bagaimana cara memasang komponen ini pada speaker seperti yang sudah dijelaskan.

Cara pasang elco pada speaker dapat dikatakan cukup mudah, namun perlu kamu ingat bahwa pemasangan tidak boleh sampai terbaik. Pasalnya, hal tersebut akan menimbulkan dampak buruk, baik pada komponen elco sendiri maupun perangkat yang digunakan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.