Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone: Charging, Penyimpanan, Tips

Posted on

Kekuatan baterai merupakan jumlah waktu perangkat dihidupkan sebelum perlu diisi dayanya. Masa pakai baterai merupakan jumlah waktu baterai bertahan hingga perlu diganti. Dengan memaksimalkan keduanya, Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari perangkat Apple Anda, apa pun yang Anda gunakan. Cara menjaga kesehatan baterai iphone juga harus

Tips Menjaga Performa iPhone

  1. Perbarui ke perangkat lunak terbaru

Seringkali pengguna iPhone mengabaikan hal ini namun sebenarnya pembaruan perangkat lunak Apple penting karena sudah meliputi teknologi penghematan daya canggih dan pembaruan lainnya untuk menjaga kekuatan baterai iPhone dan performanya.

  1. Hindari suhu lingkungan yang ekstrem.

Perangkat ini dirancang untuk beroperasi secara efisien pada rentang suhu yang luas dari 16° hingga 22°C, zona nyaman yang ideal. Sangat penting untuk tidak memaparkan perangkat pada suhu ekstrem di atas 35°C yang dapat merusak baterai secara permanen jika selalu dibiarkan dalam jangka panjang.

Ini berarti bahwa saat mengisi daya, baterai tidak akan bekerja pada kapasitas aslinya di perangkat. Mengisi daya perangkat dalam suhu sekitar yang tinggi dapat merusak perangkat lebih lanjut. Jika suhu baterai melebihi batas yang disarankan, perangkat lunak dapat membatasi pengisian lebih dari 80%.

Bahkan menyimpan baterai di lingkungan yang panas dapat merusak baterai secara permanen. Menggunakan perangkat dalam suhu yang sangat dingin dapat mengurangi masa pakai baterai, tetapi ini hanya sementara. Ketika suhu baterai kembali ke kisaran operasi normal, kinerja kembali normal. Zona nyaman untuk iPhone di -20°C hingga 45°C

  1. Lepaskan casing tertentu saat mengisi daya.

Mengisi daya perangkat saat tertutup casing terkadang dapat menyebabkan panas berlebih yang mudah meningkat sehingga dapat memengaruhi kapasitas baterai. Jika perangkat menjadi panas saat mengisi daya, lepaskan perangkat terlebih dahulu dari casing. Ini juga untuk memberikan sirkulasi udara yang baik untuk bodi hp Anda.

Cara Menyimpan iPhone Agar Baterai Tidak Rusak

Jika Anda berencana untuk menyimpan perangkat Anda untuk waktu yang lama, dua faktor utama yang mempengaruhi kesehatan baterai Anda secara keseluruhan adalah suhu sekitar dan rasio baterai saat dimatikan untuk penyimpanan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengikuti beberapa hal berikut ini jika ponsel tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Perhatikan pengisian daya

Jangan mengisi atau mengosongkan baterai hingga penuh, tetapi isi daya hingga sekitar 50%. Menyimpan baterai dalam keadaan kosong sepenuhnya dapat menyebabkan baterai menjadi habis dayanya dan tidak dapat menyimpan energi sama sekali. Di sisi lain, jika Anda membiarkannya terisi penuh untuk waktu yang lama, beberapa kapasitas baterai akan hilang, yang akan mempersingkat masa pakai baterai.

  1. Matikan perangkat untuk menghindari penggunaan baterai tambahan.

Jika Anda berencana untuk menyimpan perangkat Anda selama lebih dari 6 bulan, isi daya hingga 50% setiap 6 bulan. Tergantung pada berapa lama perangkat disimpan, tingkat baterai mungkin rendah saat dikeluarkan dari penyimpanan jangka panjang. Mungkin diperlukan waktu 20 menit bagi perangkat untuk mengisi daya dengan adaptor asli setelah dikeluarkan dari penyimpanan.

Tips untuk Menghemat Daya Pada iOS iPhone

  1. Perbarui ke perangkat lunak terbaru.

Cara menjaga kesehatan baterai iphone yaitu selalu pastikan Anda menginstal iOS versi terbaru di perangkat Anda. Jika Anda menggunakan iOS 5 atau lebih baru, periksa apakah pembaruan diperlukan. Buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Jika pembaruan tersedia, Anda dapat memperbarui perangkat Anda secara nirkabel dengan menghubungkannya ke sumber daya atau dengan menghubungkan ke komputer dan menggunakan iTunes versi terbaru.

  1. Optimalkan pengaturan Anda.

Tidak peduli bagaimana Anda menggunakan perangkat Anda, ada dua cara mudah untuk menghemat daya baterai. Yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan kecerahan layar dan menggunakan Wi-Fi. Kurangi kecerahan layar atau aktifkan kecerahan otomatis untuk menghemat masa pakai baterai.

Untuk mengurangi kecerahan, buka Pusat Kontrol dan seret penggeser Kecerahan ke bawah. Kecerahan otomatis secara otomatis menyesuaikan layar sesuai dengan kondisi pencahayaan. Untuk menyalakannya, buka Pengaturan > Umum > Aksesibilitas > Layar Adaptif dan atur Kecerahan Otomatis ke Aktif.

Selalu biarkan Wi-Fi aktif saat menggunakan perangkat Anda untuk mengakses data, karena koneksi Wi-Fi menggunakan lebih sedikit daya daripada jaringan seluler. Untuk mengaktifkan Wi-Fi, buka Pengaturan > Wi-Fi untuk mengakses jaringan Wi-Fi.

  1. Aktifkan Mode Rendah Daya.

Diperkenalkan di iOS 9, Mode Rendah Daya merupakan cara yang nyaman untuk memperpanjang masa pakai baterai iPhone Anda saat baterai hampir habis. Saat tingkat baterai mencapai 20% dan kemudian mencapai 10% lagi, iPhone Anda akan memberi tahu Anda, dan Anda dapat mengaktifkan Mode Rendah Daya dengan satu ketukan. Atau, Anda dapat menyalakannya dengan membuka Pengaturan > Baterai sebelum baterai habis.

Mode Rendah Daya mengurangi kecerahan layar, mengoptimalkan kinerja perangkat, dan meminimalkan animasi sistem. Aplikasi, termasuk Mail, tidak mengunduh konten di latar belakang, dan fitur seperti AirDrop, sinkronisasi iCloud, dan Sync dinonaktifkan. Anda masih dapat melakukan fungsi dasar seperti membuat dan menerima panggilan, mengirim email dan pesan, mengakses Internet, dan tugas lainnya. Dan ketika telepon diisi lagi, Mode Rendah Daya secara otomatis dimatikan.

  1. Colokkan dan isi daya komputer Anda saat mengisi daya perangkat.

Saat mengisi daya perangkat iOS Anda melalui USB, pastikan komputer Anda terhubung dan dihidupkan. Baterai perangkat dapat terkuras saat perangkat dimatikan atau terhubung ke komputer dalam mode tidur atau siaga. iPhone 3G dan iPhone 3GS tidak dapat diisi daya di dalam kendaraan menggunakan adaptor daya FireWire atau pengisi daya berbasis FireWire.

Cara Melihat Informasi Penggunaan Baterai iPhone

iOS memungkinkan Anda melihat persentase baterai yang digunakan oleh setiap aplikasi, sehingga memudahkan untuk mengelola masa pakai baterai perangkat Anda (kecuali saat perangkat sedang diisi dayanya). Untuk melihat informasi penggunaan, buka Pengaturan > Baterai. Pesan yang dapat Anda lihat dalam daftar aplikasi yang sedang digunakan adalah aktivitas latar belakang.

Ini menunjukkan bahwa aplikasi menggunakan baterai saat aplikasi berjalan di latar belakang, yaitu aplikasi lain sedang digunakan. Untuk meningkatkan masa pakai baterai, Anda dapat menonaktifkan kemampuan untuk menyebabkan aplikasi dimuat ulang di latar belakang.

Buka Pengaturan > Umum > Muat Ulang Aplikasi Latar Belakang dan pilih WiFi, WiFi & Data Seluler, atau Mati untuk mematikan Muat Ulang Aplikasi Latar Belakang sepenuhnya. Apabila aplikasi Mail mencantumkan Aktivitas Latar Belakang, Anda dapat memilih untuk fetch data manual atau menambah interval fetch dengan cara buka Pengaturan > Akun & Kata Sandi > Fetch Data Baru.

Perhatikan cara menjaga kesehatan baterai iPhone di atas dan melakukan setting pada beberapa hal sehingga baterai hp iPhone Anda akan lebih awet untuk penggunaan jangka panjang. Tidak lupa juga untuk menggunakan aksesoris original ketika pengisian daya iPhone.

Leave a Reply

Your email address will not be published.